Materi Teks Cerita Pendek Bagian Pertama



A.     Mengidentifikasi Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek
Cerita pendek merupakan salah satu karya sastra yang memusatkan diripada satu tokoh dalam satu situasi. Dalam cerita pendek, kita akan banyakmenemukan berbagai karakter tokoh, baik protagonis maupun antagonis.Keduanya merupakan cerminan nyata dari kehidupan di dunia. Namun,dari karakter tokoh tersebut kita dapat menemukan nilai-nilai kehidupan,yaitu perbuatan baik yang harus kita tiru dan perbuatan buruk yang haruskita jauhi.

Memahami Informasi tentang Nilai-Nilai Kehidupan dalam CeritaPendek
Cerita yang telah kamu baca itu dinamakan cerita pendek. Sesuai dengan namanya, cerita pendek (cerpen) adalah cerita yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Ukuran panjang pendeknya suatu cerita memang relatif. Namun, pada umumnya cerita pendek merupakan cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500 – 5.000 kata. Olek karena itu, cerita pendek sering diungkapkan dengan “cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk”. Untuk memahami isi suatu cerpen, termasuk nilai-nilai yang ada di dalamnya, kita sebaiknya mengawalinya dengan sejumlah pertanyaan. Dengan demikian, pemahaman kita terhadap cerpen itu akan lebih terfokus dan lebih mendalam. Pertanyaan-pertanyaan itu dapat dikelompokkan  yakni mulai dari pemahaman literal, interpretatif, intergratif, kritis, dan kreatif. Untuk itu, kita pun dapat mengujinya dengan sejumlah pertanyaan seperti berikut.
1.      Pertanyaan literal
a.       Di mana dan kapan cerita itu terjadi?
b.      Siapa saja tokoh cerita itu?

2.      Pertanyaan interpretatif?
a.       Apa maksud tersembunyi di balik pernyataan tokoh A?
b.      Bagaimana makna lugas dari perkataan tokoh B?
3.      Pertanyaan integratif
a.       Bercerita tentang apakah cerpen di atas?
b.      Apa pesan moral yang hendak disampaikan pengarang dari cerpennya itu?
4.      Pertanyaan kritis
a.       Ditinjau dari sudut pandang agama, bolehlah tokoh C berbohong pada tokoh A?
b.      Apa kelebihan dan kelemahan cerpen itu berdasarkan aspekkebahasaan yang digunakannya?
5.      Pertanyaan kreatif
a.       Bagaimana sikapmu apabila berposisi sebagai tokoh A dalam cerpen itu?
b.      Bagaimana kira-kira kelanjutan cerpen itu seandainya tokoh utamanya tidak dimatikan pengarang?

Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek
Dengan mengajukan beragam pertanyaan tentang isi suatu teks,misalnya cerpen, kita akan sampai pada penemuan nilai dari teks itu.yang dimaksud dengan nilai dalam hal ini adalah sesuatu yangpenting, berguna, atau bermanfaat bagi manusia. Pertanyaan kritis tentangkelebihan dan kelemahan cerpen itu, misalnya, akan sampailah padajawaban tentang bermanfaat atau tidaknya bagi pembaca.
Penggalan cerpen tersebut mengungkapkan perlunya menjaga diri,yakni untuk tidak melebih-lebihkan persoalan sepele karena hal tersebutbisa berakibat fatal. Dalam unsur-unsur intrinsik karya sastra, pernyataantersebut  dinamakan dengan amanat. Pernyataan seperti itulah yangdianggap bernilai atau sesuatu yang berguna, sebagai “obor” atau petunjukjalan bagi seseorang dalam berperilaku. Oleh karena itu, berkaitan denganbaik-buruknya perilaku dalam bermasyarakat, hal itulah yang dinamakandengan nilai moral.Nilai dari sebuah cerpen tidak hanya berkaitan dengan keindahanbahasa dan kompleksitas jalinan cerita. Nilai atau sesuatu yang berhargadalam cerpen juga berupa pesan atau amanat. Wujudnya seperti yangdikemukakan di atas: ada yang berkenaan dengan masalah budaya, moral,agama, atau politik. Realitas pesan-pesan itu mungkin berupa pentingnya menghargai tetangga, perlunya kesetiaan pada kekasih, ketawakalan kepada Tuhan, dan sebagainya. Hanya kadang-kadang kita tidamudahuntuk merasakan kehadiran pesan-pesan itu. Karya-karya semacam ituperlu kita hayati benar-benar.
Untuk menemukan keberadaan suatu nilai dalam cerpen, kamu dapat mengajukan sejumlah pertanyaan, misalnya, sebagai berikut.
a.       Mengapa tokoh A mengatakan hal itu berkali-kali?
b.      Mengapa latar cerita itu di sekolah dan pada sore hari?
c.       Mengapa pengarang membuat jalan cerita seperti itu?
d.      Mengapa seorang tokoh dimatikan sementara yang lain tidak? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan membawamu pada simpulan tentang nilai tertentu yang disajikan pengarang.


0 Response to "Materi Teks Cerita Pendek Bagian Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel