Penerapan Kegiatan Pramuka di Sekolah

Nama : Siti Mujahidah Haris
Kelas : X A

Mosi : Penerapan Kegiatan Pramuka di Sekolah
a. Pengenalan
Moderator:
Selamat malam,
Malam ini kita akan mengikuti kegiatan debat antara tim afirmasi dari SMA Averos, Tim Oposisi dari SMK Nusantara, Serta Tim Netral dari MAN Model.Malam ini kedua tim akan berdebat tentang “Penerapan Kegiatan Pramuka di Sekolah”
Sebelum melaksanakan debat, saya akan membacakan tata tertib debat sebagai berikut.
Selanjutnya, saya berikan kesempatan kepada juru bicara setiap tim untuk memperkenalkan diri.
Tim Afirmasi: (memperkenalkan diri)
Tim Oposisi : (memperkenalkan diri)
Tim Netral : (memperkenalkan diri)

b. Penyampaian Argumentasi
Moderator:
Kegiatan pramuka adalah suatu program dari pemerintah yang diwajibkan kepada setiap siswa dengan tujuan untuk melatih kemandirian siswa tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa kasus yang menolak adanya kegiatan ini karena dinilai tidak berpengaruh apa apa pada kepribadian siswa tersebut.
Anggapan inilah yang akan kita bahas dalam debat kali ni. Untuk putaran pertama saya persilahkan secara bergantian Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral untuk menyampaikan pendapatnya.

Tim Afirmasi :
Saya setuju apabila kegiatan pramuka diwajibkan di sekolah-sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa didalam pramuka mengajarkan tentang kemandirian, kedisiplinan, dan kerja sama. Hal ini sangat bermanfaat untuk kehidupan mendatang. Didalam pramuka juga diadakan hal-hal dan kegiatan yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Pramuka juga sebagai tempat bersosialisai dengan teman-temn sekaligus diajarkan kerja sama tim.
Didalam pramuka juga terdapat materi-materi tentang kepemimpinan dan dengan cara agar menjadi seseorang yang betaggung jawab. Seperti yang kita ketahui, simbol dari pramuka aalah tunas kelapa yang bermakna dapat tumbuh dimana saja. Mengajarkan kita bahwa dapat berkreasi dan berkreativitas dimana saja. Selain itu, terdapat Dwi Darma, Dasa Darma, dan Trisatya sebagai tanda dan janji seorang untuk berlaku sedemikian. Apalagi didalam pramuka kita diajak untuk melihat dan merasakan alam secara nyata, semakin kita dekat dengan alam maka rasa mencintai akan timbul. Jadi tidak ada alasan lagi seseorang menyepelekan pramuka.
Tim Oposisi:
Saya tidak setuju jika kegiatan pramuka diadakan disekolah apalagi banyak sekolah sekolah yang mewajibkan siswanya mengikuti kegiatan ini sebagai ekstrakulikuler wajib. Banyak dampak negatif dari kegiatan ini, misalnya saja pulang terlalu sore. Setelah sekolah dari pagi sampai siang kemudian sorenya masih ada kegiatan pramuka disekolah yang membuat anak terlalu kelelahan untuk melakukan aktivitas lain. Selain itu pembina yang terlalu keras terkadang membuat orang tua anak protes.
Pramuka seharusnya tidak boleh dipaksakan, melainkan harus merupakan kesadaran diri sendiri untuk mau bergabung menjadi anggotanya. Selain itu banyak siswa yang mengikuti pramuka yang tidak menampakkan sebuah perubahan setelah selesai dari kegiatan pramuka. Pada faktanya suatu kegiatan belum bisa mengubah pola pikir dan tingkah laku anak secara keseluruhan.bahkan apabila pramuka diwajibkan akan mengganggu mental dari psikis anak tersebut. Jadi saya berpendapat bahwa pramuka lebih banyak dampah negatifnya dariapada dampak positif.

c. Kesimpulan
Tim Netral:
Saya sebagai pihak netral berpendapat bahwa kegiatan pramuka sangat bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya akan tetapi bagi sebagian anak yang telah memiliki banyak kegiatan dan akan berakibat kelelahan yang fatal. Sebenarnya hal ini tergantung bagaimana anak tersebut menyikapi adanya kegiatan pramuka ini.

0 Response to "Penerapan Kegiatan Pramuka di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel